Rabu, 22 Desember 2010

Apa yang dimaksud dengan bandwith, baseband, broadband, narrowband?

Bandwidth dalam teknologi komunikasi adalah perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam rentang tertentu. Sebagai contoh, line telepon memiliki bandwidth 3000Hz (Hertz), yang merupakan rentang antara frekuensi tertinggi (3300Hz) dan frekuensi terendah (300Hz) yang dapat dilewati oleh line telepon ini.

Baseband adalah sebuah metode penggunaan media komunikasi dimana frekuensi yang dilewatkan pada carrier hanya satu buah untuk mentransmisikan data.Merupakan salah satu jenis Local Area Network, yang mana suatu pesan disalurkan dalam bentuk digital pada suatu saluran transmisi diantara mesin-mesin yang dihubungkan dengan kabel koaksial atau kabel twisted pair.Oleh karena itu, dalam satu media tersebut hanya terdapat satu sinyal yang memiliki arti. Salah satu contoh pengguna metode baseband adalah ethernet. Lawan baseband adalah Broadband.

 Broadband  merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.



                    

                         sumber : http://woy007.blogspot.com/2010/12/apa-itu-bandwith-baseband-broadband.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar