Rabu, 03 November 2010

akibat posiif dan negatif new media terhadap masyarakat

           Dewasa ini banyak sekali berbagai media yang mudah di jangkau dan di gunakan oleh masyarakat luas. Contohnya Internet, handphone, majalah, dan masih banyak lagi. Media yang di gunakanpun sudah semakin canggih, tetapi di balik segala kecanggihan media yang ada pasti ada sisi negatif dan positifnya.
           Coba kita bahas dari sisi positifnya terlebih dahulu. Segala kecanggihan yang di sajikan begitu menggiurkan masyarakat, misalnya saja internet, mudah sekali kita untuk mendapatkan sesuatu. Belakangan ini sangat membooming sekali yang namanya Facebook dan Twitter. Kedua jaringan sosial itu sangatlah membantu bagi kita yang ingin berhubungan dengan teman, saudara yang jauh disana. Menjadikan yang jauh semakin dekat, dan dapat menjalin tali silahturahmi dengan mudah tanpa harus repot-repot kita untuk mengunjungi kerabat atau saudara yang jauh. Apalagi untuk mahasiswa, dengan kedua jaringan sosial itu sangatlah membantu dalam mencari informasi yang di butuhkan dalam mata kuliah dan dalam mengerjakan tugas-tugas.
            Tetapi di balik segala hal positif yang bisa kita gunakan, ada sisi negatif yang tersembunyi dan banyak yang telah menggunakannya untuk tindak kejahatan. Misalnya saja di Facebook sudah banyak sekali penculikan yang terjadi. Selain itu sisi negatifnya adalah kemalasan, karena sudah mudahnya berhubungan dengan kerabat jauh kita semakin malas untuk mengunjunginya. Selain itu dari segala kemudahan dan segala yang instan, kita menjadi malas untuk mencari dengan usaha yang maksimal.
           Akan tetapi semua itu tergantung dari kita, kita mau menggunakan yang mana, sisi positifnya atau negatifnya. Semua di kembalikan ke diri kita masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar