Senin, 06 Juni 2011

Depok Go To Cyber City


Depok  Go To Cyber City
Cyber city merupakan salah satu konsep kota modern berbasis teknologi informasi yang kini telah banyak dilirik dan diterrapkan sejumlah kota besar di seluruh dunia. Cyber city ini muncul akibat meningkatnya kebutuhan masyarakat akan kemudahan mengakses informasi dan berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Konsep Cyber City ini sendiri berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengakses internet secara lebih luas dan tidak lagi terbatas pada kalangan tertentu saja. Bagaimanapun juga Bangsa Indonesia tidak bisa mempungkiri akan kemajuan teknologi informasi yang kini kian maju,Implementasi Cyber City ini juga bisa memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi. Pemasangan HotSpot Wi-Fi di area terbuka seperti di lokasi wisata, kafe-kafe  dan pusat pusat perbelanjaan,  ini menjadi salah satu wujud untuk terciptanya Cyber city. Dengan Cyber city kita bisa lebih menghemat waktu kita, misalnya saja sambil kita berpergian kita bisa mengirim email dimana saja, duduk - duduk santai kita bisa sambil chatting, ini merupakan aktifitas yang sudah tidak jarang kita jumpai. Singkatnya, aktifitas apapun bisa kita lakukan secara bersamaan tanpa mengganggu aktifitas lainnya. Model kerja dinamis ini yang kini telah menjadi model trend di kalangan professional, pebisnis, pendidik maupun mahasiswa.
Indonesia, kini tak mau ketinggalan dalam mengembangkan Cyber city di negri ini.  Kota yang kita pilih untuk dibicarakan adalah Kota Depok, yang mana Depok yang terkenal dengan Kota Belimbing ini tak mau kalah dengan kota – kota besar lainnya dalam mengembangkan Kota berbasis Cyber city. Pemeritah Kota Depok ini tidak bekerja sendiri dalam mengembangkan Cyber City ini, tapi Pemkot Depok bekerjasama dengan Universitas – Universitas yang ada di Kota Depok . Universitas Gunadarma menjadi salah satu Universitas yang diajak untuk bekerja sama untuk mengembangkan Kota Berbasis Cyber City. Universitas Gunadarma dipilih karena memang notabennya Universitas Gunadarma ini adalah salah satu Universitas yang menggunakan Standar Teknologi Informasi dalam pendidikannya.
Kegiatan pertama yang di lakukan Pemkot Depok dalam menjalin kerjasama itu dengan mengadakan talk show yang bertema “Mengembangkan Cyber City berbasis komunitas” di Kampus Gunadarma, tanggal 4 Maret 2010. Pada acara ini dilaksanakan penandatanganan MoU antara Universitas Gunadarma mengenai pengembangan pemanfaatan dan pengembangan TIK di lingkungan Depok secara luas. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Walikota Depok Dr. Ir. H. Nur Mahmudi Ismail MSc, dan Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., MM.  Juga hadir Menteri Komunikasi dan Informasi, Tifatul Sembiring sebagai keynote speaker. Disajikan pula informasi produk atau layanan TI yang dikembangkan pengembang yang berdomisili di Depok, seperti oCentrum, Gerai Dinar, VirtualMall, MantelApp, Meruvian, dan sebagainya. Beberapa pengembang adalah mahasiswa atau alumni Universitas Gunadarma dan juga alumni dari Incubator Bussiness Center (IBC) Depok yang dikelola oleh Universitas Gunadarma bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian. Pada acara ini juga ditampilkan hasil kerjasama inkubasi industri Universitas Gunadarma dengan Meruvian Foundation dan juga PTE Ltd. Dalam kerja sama dengan PTE Ltd, Universitas Gunadarma akan memproduksi perangkat mobile devices sendiri.
Selain Pemerintah Kota Depok dan instansi – instansi yang turut membantu dalam pengembangan Cyber city,mahasiswa merupakan bagian dari terpenting dalam mengembangkan Kota berbasis Cyber city. Karena mahasiswa sendiri mempunyai sebuah kewajiban dan tanggung jawab yang penting didalam Tridharma Perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian diri kepada masyarakat. Peran mahasiswa dalam menggembangkan Cyber city ini adalah dengan belajar dengan sungguh- sungguh dan mencoba meneliti apa saja yang dibutuhkan dalam mengembangkan Cyber city ini, dan selanjutnya mahasiswa wajib mengimplementasikannya ke masyarakat luas guna memajukan Kota berbasis Cyber city. Mahasiswa di Kota Depok, terutama  mahasiswa Gunadarma adalah salah satu elemen penting dari kemajuan dan berjalannya  Cyber city di Kota Depok, di karenakan mahasiswa adalah kaum intelektual dan salah satu agen of change bagi negri ini dan terutama Kota Depok. Untuk semua mahasiswa yang melakukan pendidikan di Kota Depok ini, harus lebih peduli dengan pembangunan Kota Depok yang sedang mengembangkan Kota berbasis Cyber City.
                                                                               
Arif Dwi Nurcahyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar